Pdt. Daniel Fu

Lukas 2:1-7 (TB) Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia.
Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria.
Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri.
Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, — karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud —
supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.
Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin,
dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

Lukas 2:52 (TB) Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Ada 4 cara Tuhan untuk menghadirkan manusia di bumi ini:

1. Tuhan menciptakan manusia tanpa seorang pria dan wanita, yaitu Adam

2. Tuhan menciptakan manusia lewat seorang pria, yaitu Hawa yang ada lewat Adam

3. Tuhan memakai seorang wanita saja tanpa laki-laki, yaitu Yesus lewat Maria.

4. Tuhan memakai pria dan wanita, yaitu kita semua lewat ayah dan ibu kita.

Yesus memiliki sifat manusia 100% sama seperti kita namun tidak melakukan dosa. Yesus tidak lahir dari seorang pria, maka tidak ada dosa asal. Selama hidupnya Yesus juga tidak melakukan dosa. Itu sebabnya Yesus tidak memiliki dosa.

Bukti bahwa Yesus adalah manusia:

1. Yesus perlu istirahat. Dia tetap butuh tidur 5-7 jam.

2. Dia merasa lapar, saat dia sedang berpuasa.

3. Yesus bisa merasa letih.

4. Dia tetap memiliki logika, kecerdasan secara berhitung dan verbal dengan baik. Kecerdasan emosi: Dia dapat mengendalikan kemarahan, kecerdasan naturalis: berinteraksi dengan alam.

5. Yesus dapat merasakan kesakitan, saat disesah dan disalibkan.

Mengapa Yesus harus memiliki natur manusia?

1. Untuk menyelesaikan misi penyelamatan.

Untuk pengampunan dosa, perlu ada darah yang tertumpah. Sama seperti Adam jatuh dalam dosa, Allah menyembelih binatang untuk membuat baju bagi Adam. Itu untuk menutup kesalahan Adam.

2. Supaya Yesus memahami pergumulan kita, sehingga menjadi penolong kita senantiasa.

Dia menjadi imam agung bagi kita. Dia mengerti masalah politik, ekonomi dan kemanusiaan. Yesus

3. Supaya menghadirkan Allah yang sejati kepada manusia. Anak manusia datang untuk mencari mereka yang hilang dan berdosa.

Di tengah’tengah lautan yang luas di tengah malam, manusia bisa hilang arah. Itu sebabnya manusia perlu mercusuar untuk menentukan arah tujuan agar dapat sampai ke pantai

Jika orang kristen tidak memliki hasrat untuk serupa dengan Kristus, maka ada kemungkinan kita belum lahir baru, atau bisa juga karena kita ditutupin dosa yang besar

Kita membutuhkan ketergantungan penuh kepada Kristus agar Kita hidup, tapi bukan lagi saya yang hidup, melainkan Yesus yang hidup dalam diri kita

Dampak komitmen. Saat kita menegenal Yesus, kita berkomitmen untuk semakin seupa dengan Dia, mencintai Dia dan berjalan bersama dengan Dia.