GI. Markus Boone

Kis 2:1-6

Saat Petrus berkotbah, yang bertobat ada 3.000 artinya yang mendengar lebih dari 3 ribu. Mengapa orang berkumpul di Yerusalem segitu banyak? Pentakosta di Perjanjian Lama juga ada, sama seperti hari Paskah yang juga ada di PL. Hari raya 50 setelah Paskah sering kali disebut hari raya panen. Dalam Paskah di PL ada kesukaran. Mereka memang lepas dari Mesir, tetapi ada kesukaran. Dalam hari raya panen, kita bukan hanya dilepaskan tetapi juga kelimpahan.

Dalam Perjanjian Baru, Paskah juga artinya kita lepas dari dosa. Tetapi disana juga ada kesulitan. Mereka yang dulu adalah pengecut, ketika Roh Kudus hadir menjadi orang yang berani. Yesus mengatakan bahwa para murid akan mrlakukan pekerjaan lebih besar dari Yesus, setleah Yesus kembali kepada Bapa. Karena Roh Kuduslah yang luar biasa.

Roh Kudus hanya mengingatkan apa yang yesus katakan. Karya Roh Kudus bukan hanya pada jumlah yang percaya tetapi juga jangkauannya. Jika Yesus hanya ada di Israel, tetapi Roh Kudus membuat Injil menyebar ke Eropa, ribuan kilometer sama 40 tahun.

Karya Roh Kudus juga luar biasa secara kedalaman. Alkitab memberitakan tentang Allah yang memberikan dirinya untuk menanggung kelemahan orang lain. Artinya pengikut Kristus juga harus menjadi hamba dan menolong orang lain. Jemaat mula-mula mengalami penganiayaan yang luar biasa saat itu, dibakar, digantung, dijadikan makanan binatang. Anehnya jemaat mula-mula tidak habis tetapi bertambah banyak. Sedangkan kerajaan Romawi yang menganiaya malah sekarang sudah lenyap. Itulah kuasa roh Kudus.

Setiap keluarga Kristen harus kasih tahu Roh Kudus apa tujuan keluarga saya.

Ada keluarga yang hanya mengalir begitu saja. Ibarat toko, kalau kita hanya judulnya buka toko, maka pasti akan cepat tutup. Demikian pula dengan kekuarga, Kita harus bertanya pada Roh kudus, Tuhan mau apa dalam keluarga ini? Minta supaya ada kegelisahan rohani. Jika Tuhan memberikan 2 anak, apa tujuannya? Apakah hanya supaya mereka besar, menikah dan memiliki keturunan? Atau ada maksud tujuan Tuhan yang secara khusus?