GI. Emmanuel Cahyanto

Kis 19:21-32

 

Motivasi kita untuk menjalankan mandat Tuhan dalam dunia kerja bukan untuk mendapatkan berkat, tetapi ketaatan kepada Tuhan.

Semua penduduk Asia mendengar Firman Tuhan. Melalui Paulus Tuhan telah melakukan mujizat yang besar, bahkan dengan sapu tangan pun orang bisa sembuh.

Dimitius membuat patung dan peralatan perak untuk kuil Dewi Arthemis . Dimitius pasti sudah mendengar tentang Paulus. Dia juga telah melihat perubahan besar yang terjadi pada Jemaat Efesus. Tetapi karena dia cinta uang, dia berkata anak buahnya, bahwa gara-gara Paulus, orang jadi tidak membeli patung Artemis. Dia begitu cinta uang sehingga walaupun sudah mendengar tentang Injil, tetap tidak mau percaya kepada Tuhan.

Dimitius adalah orang yang Intention of the mind and intention of the will-nya terpenjara pada uang. Orang seperti ini masih terikat pada ilah pada jaman ini. Allah ingin orang seperti ini bertobat.  Lihat saja apa yang terjadi pada Paulus, yang memiliki masa lalu yang kelam akhirnya diubahkan Tuhan menjadi Anak-Nya.

Namun pertanyaan yang paling utama apakah kita peduli pada orang-orang seperti Dimitius ini? Banyak orang yang menyebut dirinya Kristen tetapi tidak benar-benar rindu hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Sering kali agama hanya merupakan variable yang dilekatkan dalam diri kita tetapi tidak hidup di dalam Firman Tuhan.

Seberapa serius kita membaca dan merenungkan Firman Tuhan lewat berbagai media? Mari kita mengfokuskan juga tenaga kita untuk menjalankan pekerjaan Tuhan. Mari kita belajar untuk tidak mengfokuskan hati dan pikiran kita pada uang saja.

1. Mari sungguh mulai bertanya siapa Yesus Kristus bagi saya. Tidak ada lagi hidup sekedar beragama, tetapi sungguh mengenal dan hidup di dalam-Nya.

2. Mari kita sungguh memupuk hidup di dalam Tuhan. Mari kita belajar Firman Tuhan entah dengan membaca buku, atau audio kotbah. Kapan kita lebih serius memupuk kerohanian kita?

3. Jangan seperti orang seperti Dimetrius yang terus berfokus pada uang. Tetapi ketika kita taat kepada Tuhan dan melakukan pekerjaan Tuhan, Tuhan akan pelihara kita dengan berkat-berkatNya.