BERJAGALAH TERHADAP KETIDAKTULUSAN

BACAAN ALKITAB : Mazmur 28
PERENUNGANKU
Dengan nada sarkastis, saya berkata dengan setengah berteriak, “Jago banget acting-nya!” Saya sangat terpengaruh dan berempati saat mendengarkan curhat seorang rekan. Saya merasa menjadi korban seperti dirinya. Pasalnya, rekan saya merasa sangat kecewa karena orang yang selama ini dia anggap sebagai sahabat yang sangat ia percayai, bahkan seorang mentor yang ia kagumi, ternyata tega menikamnya dari belakang. Ia merasa dimanfaatkan, dimanipulasi, dan ditelanjangi. Pernahkah Anda merasa seperti rekan saya itu?

Daud memahami bahwa ada orang-orang yang ramah atau kelihatan baik, tetapi sebenarnya hatinya jahat. Kebaikannya hanya merupakan sandiwara yang dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan. Kebaikan yang dilakukan untuk menutupi niat jahat itu merupakan lawan dari ketulusan. Yang menjadi masalah, niat jahat yang tersembunyi atau ketidaktulusan itu tidak mudah dikenali sebelum muncul bukti yang terlihat jelas. Tidaklah mengherankan bila Daud berseru kepada Tuhan, “Janganlah menyeret aku bersama-sama dengan orang fasik ataupun dengan orang yang melakukan kejahatan, yang ramah dengan teman-temannya, tetapi yang hatinya penuh kejahatan.” (28:3). Berhati-hatilah!

Kembali kepada kisah rekan saya di atas, saya kira sangat manusiawi jika ia menjadi marah, sedih, kecewa, dan berharap agar keadilan dan kebenaran terungkap. Daud juga seperti itu. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa dalam kondisi kecewa itu, Daud datang kepada Tuhan (28:1-2), tempat yang paling tepat dan aman untuk mengekspresikan luka hatinya. Perhatikanlah permohonan Daud kepada Tuhan mengenai orang-orang yang tidak tulus itu, “Ganjarilah mereka …; ganjarilah mereka … balaslah kepada mereka… Ia akan menjatuhkan mereka dan tidak membangunkan mereka lagi.” (28:4-5). Apakah Daud sadis? Entahlah! Daud sekadar mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkannya! Seandainya Tuhan meminta Daud untuk mengampuni karena orang itu telah berubah, sangat mungkin bahwa Daud akan taat. Di Mazmur 28—seperti di Mazmur lainnya—Daud sedang bermazmur, bukan merencanakan pembalasan. Anda boleh membaca mazmur ini sebagai permohonan saat Anda merasa dikhianati, tetapi jangan membuat rencana untuk melakukan pembalasan! [MN]





Renungan Seorang Murid GKY Sunter / 2020