KESEDERHANAAN YESUS KRISTUS

BACAAN ALKITAB : Kolose 1:15-20
PERENUNGANKU
Suatu saat, Ratu Elisabeth II berkunjung ke Amerika Serikat dengan Membawa barang bawaan seberat 1800 kg, termasuk dua busana untuk setiap upacara, busana berkabung kalau-kalau ada yang meninggal, serta sejumlah pelapis dudukan toilet dari kulit domba putih. Beliau juga membawa penata rambut pribadi, dua pelayan pria, serta rombongan pembantu. Kunjungan singkat itu menelan biaya sampai tiga ratus miliar rupiah. Kunjungan tersebut berbeda sangat mencolok dengan kunjungan Yesus Kristus-Sang Anak Allah ke bumi yang mengambil tempat di kandang hewan, padahal la datang dari Kerajaan Allah yang kekal. la datang tanpa pembantu. Raja yang baru lahir di dunia itu dibaringkan di tempat yang tidak layak, yaitu sebuah palungan. Akan tetapi, sosok Raja ini mengubah sejarah manusia dan dunia. Betapa senyap pemberian karunia yang menakjubkan itu!

Yesus Kristus adalah Anak Allah yang menjadi manusia. Kehadiran Nya di dunia sudah direncanakan Allah sejak awal. Berita yang disampai kan malaikat kepada Yusuf (Matius 1:20-21) menggenapi nubuat Nabi Tesaya (1:22-23; Yesaya 7:14). Rasul Paulus menuliskan, “la adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang dicip takan. lagi ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.” (Kolose 1:15,17). Yesus adalah satu-satunya Pribadi Allah yang menyatakan siapa Allah. Dia tidak diciptakan. Dia telah ada sebelum segala sesuatu ada. Dialah Pencipta segala sesuatu dan segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Dengan demikian, Allah yang tidak kelihatan menjadi nyata dan dapat dilihat di dalam diri Yesus Kristus. Sego la kuasa berada di tangan-Nya karena semua kuasa bersumber dari Dia.

Yesus Kristus, Sang Raja Kemuliaan yang kekal itu, datang ke dunia dalam kesederhanaan untuk menyelamatkan manusia berdosa. Dia rela meninggalkan kemuliaan yang melekat pada diri-Nya. Bahkan, ketika la berada di dalam dunia, la tidak mengenakan kemuliaan dan kuasa-Nya. la berkuasa menyembuhkan orang sakit. bahkan membangkitkan orang mati, tetapi tujuan utama kedatangan-Nya adalah menyelamatkan manusia dari dosa. Tanpa Yesus Kristus, semua manusia akan binasa dan menerima hukuman kekal. Semua manusia memerlukan Yesus Kristus Datanglah kepada Yesus Kristus dan bukalah hidup Anda. Jadikanlah Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat Andal (FW]




Renungan Seorang Murid GKY Sunter / 2020