HATI YANG MENYEMBAH ALLAH | 敬拜上帝的心





BACAAN ALKITAB : Mazmur 50
Mazmur Asaf mengungkapkan bahwa Allah adalah Pribadi yang Mahakuasa, Pencipta alam semesta, Yang Mahamulia. Kehadiran- Nya digambarkan sebagai disertai kuasa yang sangat dahsyat (50:1-3). Allah adalah Pribadi yang setia kepada perjanjian-Nya. Perjanjian Allah yang didasarkan pada korban sembelihan merupakan simbol penebusan dari belenggu dosa yang dikerjakan oleh Yesus Kristus di kayu salib. Allah adalah Hakim yang mengadili manusia. Yang menarik adalah bahwa umat Allah—yang telah menerima petunjuk dan perintah-Nya—akan diadili lebih dahulu oleh Allah (50:4-6). Teguran Allah memperlihatkan bahwa umat Israel telah salah mengerti tentang penyembahan dan ibadah kepada-Nya (50:7-15).


Ritual ibadah persembahan korban yang dilakukan umat Israel pada masa Perjanjian Lama diatur oleh Allah sendiri. Ritual ini terutama diuraikan dalam Kitab Imamat. Umat Israel berupaya menjalankan ibadah korban secara konsisten. Akan tetapi, mereka salah paham tentang Allah yang sudah selayaknya disembah itu. Tampaknya, mereka berpikir bahwa menjalankan ibadah korban merupakan pemberian jasa kepada Allah. Mereka menyamakan Allah dengan ilah-ilah palsu yang menuntut persembahan dengan imbalan bahwa manusia akan menjalani kehidupan yang lebih baik. Walaupun praktik penyembahan mereka sesuai dengan ketentuan, alasan yang melandasi penyembahan umat Israel ternyata salah. Untuk meluruskan landasan penyembahan umat- Nya, Tuhan memerintahkan umat Israel untuk memberi persembahan syukur dalam kaitan dengan korban keselamatan (Imamat 7:11-15). Tuhan ingin agar umat Israel menghayati bahwa penyembahan kepada Allah harus dilandasi oleh hati yang senantiasa mensyukuri karya Allah yang telah menganugerahkan keselamatan kekal (Mazmur 50:14a). Melalui perintah untuk selalu menepati nazar atau janji yang telah diucapkan di hadapan Allah (50:14b), Tuhan ingin agar umat Israel menyembah Dia dengan menghargai kedaulatan dan kekuasaan-Nya.

Bagaimana sikap Anda dalam beribadah selama ini: Apakah Anda menyembah Allah dengan hati yang menghargai kedaulatan-Nya? Apakah praktik penyembahan yang Anda lakukan kepada Allah dilandasi oleh ungkapan syukur atas keselamatan yang telah Dia anugerahkan kepada diri Anda? [ECW]





Renungan Seorang Murid GKY Sunter / 2021

圣经阅读:诗篇 50

亚萨的诗揭示了大能者上帝,祂是宇宙的创造者,拥有无比尊 荣的主宰。诗人描述 上帝的莅临会带来可畏的能力(50:1- 3)。上帝本是信实,祂忠于所应许的。上帝凭祭物而立的盟约象征 耶稣基督在十字架所成就的救赎大工,让人类可凭借祂摆脱罪的束 缚。上帝是审判人类的审判官。有趣的是,接受了上帝的指示和诫 命的子民——将是首先接受上帝审判的人们(50:4-6)。从上帝斥 责以色列人这件事说明他们误解了献祭和敬拜的真义(50:7-15)

以色列人在旧约时代进行的献祭仪式本是由上帝亲自定下 的。在利未记中主要描述了该仪式细节。以色列人民一贯试图维持 敬拜献祭仪式。但是,他们不再认为上帝本配得接受他们敬拜的。 显然,他们误以为献祭仪式是给上帝提供了服务。他们将对上帝的 敬拜与祭祀假神等同看待,就像人类向假神提供祭品以换取回报得 过更好的生活。尽管他们的敬拜行为符合规定,但事实证明,以色 列人的敬拜理由却是错误的。为了纠正祂的子民,为他们建立正确 的敬拜基础,上帝命令以色列人要因感恩献上平安祭(《利未记》 7:11-15)。上帝希望以色列人民认识到对上帝的敬拜必须建立在始 终心怀对上帝感恩之心,因为上帝已赐予永恒的救赎(50:14上)。 借着命令他们持守在上帝面前曾经立下的誓言或志愿(50:14下), 上帝希望以色列人民以尊重祂的主权和权柄的态度来敬拜他。

到目前为止,您对敬拜持何等样的态度:您是否以尊重祂的 主权之心态来敬拜祂?您是否基于表示感谢祂赐予您的救恩而敬拜 上帝呢?[王国贤牧师/孙茵]




读 经 运 动 GKY/ 2021