HADIR UNTUK MENJADI BERKAT | 存在是为了成为祝福





BACAAN ALKITAB : Kisah Para Rasul 3:11-26
Terjadinya mujizat orang lumpuh bisa berjalan membuat banyak orang yang melihat peristiwa itu mengerumuni Petrus dan Yohanes. Saat merasakan adanya pancaran rasa kagum dalam pandangan orang banyak terhadap diri mereka, Rasul Petrus menegur dan mengingatkan bahwa peristiwa itu terjadi bukan karena mereka saleh atau memiliki kuasa, tetapi karena Tuhan Yesus memberi kesembuhan (3:11-16). Jadi, Rasul Petrus secara ketat menolak penghargaan terhadap dirinya! Beliau tidak mau menjadi fokus pemberitaan! Sikap seperti itu amat bertolak belakang dengan sikap sebagian pengkhotbah populer yang merasa bangga bila menjadi pusat perhatian dan dianggap sebagai orang yang memiliki kuasa untuk membuat mujizat! Kesembuhan itu seharusnya membuat mereka memuliakan Kristus yang telah bangkit dari kematian!
Pemberitaan Injil yang lengkap selalu terdiri dari tiga bagian penting, yaitu dosa sebagai sumber masalah, solusi oleh karya Kristus, dan respons percaya. Bagi orang Yahudi, masalah mereka yang paling utama adalah bahwa mereka telah meminta Pontius Pilatus untuk menjatuhkan hukuman mati kepada Yesus Kristus—yang di sini disebut sebagai “Yang Kudus dan Benar”—dan justru membebaskan Barabas yang merupakan seorang pembunuh (3:13-14; Lukas 23:13-25). Akan tetapi, permintaan mereka kepada Pontius Pilatus—yang dilandasi oleh ketidaktahuan—itu justru telah dipakai Allah untuk menggenapi nubuat para nabi dalam Perjanjian Lama, yaitu bahwa Kristus harus mati untuk menebus dosa manusia, dikuburkan, dan dibangkitkan pada hari yang ketiga (Kisah Para Rasul 3:17-18; 1 Korintus 15:3-4). Kematian Kristus itu justru membuat mereka bisa memperoleh pengampunan dosa bila mere- ka menyadari dosa mereka dan bersedia untuk bertobat. Dengan demi- kian, kematian Kristus itu mewujudkan janji Allah kepada Abraham, yaitu bahwa oleh keturunan Abraham—yaitu Yesus Kristus—semua bangsa di bumi mendapat berkat (Kisah Para Rasul 3:19, 25).

Berita Injil adalah berita tentang pengampunan dosa di dalam Kristus. Walaupun kehadiran orang percaya seharusnya menjadi berkat dalam segala aspek—termasuk sosial dan ekonomi—bagi lingkungan tempat ia hadir, aspek paling utama adalah keselamatan. Orang Kristen harus hadir sebagai saksi Kristus yang menyampaikan berita keselamatan di dalam Kristus. Apakah Anda telah menjadi saksi Kristus? [P]





Renungan Seorang Murid GKY Sunter / 2021

圣经阅读:使徒行传 3:11-26

瘸子能行走使许多看到这件事发生的人们围住彼得与约翰。使 徒彼得感觉到众人看他们时赞叹的目光,便提醒众人,这件 事的发生,不是凭他们自己的能力和虔诚,而是因为主耶稣的医治 (3:11-16)。因此,使徒彼得坚决拒绝对他自己的赞扬!他不要成 为传福音的焦点!这样的态度完全不同于一部分受欢迎的讲道者, 当他们成为人们注意的焦点,且被视为拥有能力行神迹的人时感到 自豪!病人得医治理应使他们荣耀从死里复活的基督!

完整的传福音总是包含三个重要的部分,即罪是问题的根 源,基督的救赎大功是解决的方法,以及相信者的回应。对犹太人 而言,他们最主要的问题是要求本丢彼拉多处死耶稣基督——在此 被称为“圣洁公义者”——却释放一位杀人犯巴拉巴(3:13-14; 《路加福音》23:13-25)。然而他们向本丢彼拉多的要求——是基 于无知的——却被上帝用来成就先知们在旧约的预言,就是基督必 须为赎人类的罪而死,埋葬了,第三天复活(《使徒行传》3:17- 18;《哥林多前书》15:3-4)。人若知罪并愿意悔改,基督的死使 他们可以得着罪的赦免。这样,基督的死就实现了上帝给予亚伯拉 罕的应许,就是因着亚伯拉罕的后裔——即耶稣基督——地上万族 都要得福(《使徒行传》3:19,25).

福音是关于在基督里罪得赦免的信息。虽然信徒的存在理应 成为他所在的环境中各层面——包括社会与经济——的祝福,而最 主要的层面是救恩。基督徒的存在必须作为基督的见证,传达基督 里的救恩的信息。您是否已成为基督的见证?[邱隆泰传道/姚玲玲]




读 经 运 动 GKY/ 2021