HATI NURANI YANG MURNI

BACAAN ALKITAB : 1 Timotius 1:1-11
PERENUNGANKU
Di dalam bukunya, Mere Christianity, C.S. Lewis menunjukkan bahwa adanya hukum moral yang bersifat universal merupakan bukti keberadaan Allah. Hukum moral ini memungkinkan manusia mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk. Roma 2 mencatat bahwa isi hukum Taurat tertulis di dalam hati manusia dan suara hati manusia turut bersaksi menyuarakan kebenaran. Hati yang suci murni dan iman yang tulus ikhlas mutlak diperlukan agar kita dapat menerima firman dan berpegang teguh pada kebenaran seperti yang Martin Luther lakukan di sidang pengadilan terhadap dirinya yang diadakan di Worms.

Masalahnya, hati manusia telah terkontaminasi oleh dosa dan suara hati manusia telah dibungkam oleh kebohongan yang disampaikan oleh si Iblis, dunia ini, dan bahkan diri kita sendiri. Hukum Taurat yang pada dasarnya baik pun tidak mendatangkan keinsafan, bahkan tidak dapat dimengerti dengan benar.

Hati nurani yang masih dicengkeram oleh dosa ini masih Paulus temukan di antara mereka yang mengaku percaya di tengah jemaat Efesus. Heterodidaskaleo atau ajaran yang lain [dari yang diajarkan Tu- han Yesus Kristus], takhayul, dan tradisi yang mendatangkan persoalan masih menghantui jemaat. Kenyataan ini membuat Rasul Paulus “mendesak” kata ini bernada personal, namun kuat untuk tinggal di Efesus dan “menasihatkan” kata ini bernada otoritatif jemaat Efesus serta memberitakan Injil Allah kepada mereka. Hari ini, apakah Anda mendapati bahwa hati nurani Anda tetap suci murni dan melimpah dengan kasih? Apakah hati Anda berpaut pada ajaran Tuhan Yesus Kristus dan tidak menyimpang dari ajaran tersebut? Apakah hati nurani Anda berbicara dengan keras ketika Anda memikirkan, mengatakan, atau melakukan ketidakbenaran? Renungkan sejenak apa yang telah dan akan Anda lakukan untuk mengatasinya?

Di samping itu, apakah Anda mendapati bahwa jemaat, rekan, atau anggota rumah tangga Anda memiliki hati nurani yang suci murni dan melimpah dengan kasih? Sudahkah Anda “mendesak” atau “menasi- hati” mereka yang telah menyimpang agar menjadi sadar? Sebutkanlah nama mereka yang perlu didesak atau dinasihati dalam doa Anda dan mohonlah belas kasihan Allah Tritunggal agar Injil Allah yang mulia dan mahabahagia memenuhi hati mereka! [HL]





Renungan Seorang Murid GKY Sunter / 2020