SESUAI APLIKASI

BACAAN ALKITAB : Titus 3

PERENUNGANKU
Aplikasi belanja online saat ini sangat memudahkan pengguna untuk A Amelakukan berbagai macam transaksi. Adanya fitur yang user friendly atau mudah dipakai-memikat pengguna untuk terus memakai aplikasi itu, misalnya notifikasi pengingat informasi. Fitur ini mendorong pengguna aplikasi untuk merespons pesan. Di pasal ini, Rasul Paulus mengingatkan Titus untuk menyampaikan pesan agar setiap orang Kristen senantiasa bersungguh-sungguh melakukan pekerjaan baik dalam seluruh aspek hidupnya, yaitu tunduk dan hormat kepada pemerintah (3:1), bersikap ramah dan lemah lembut kepada sesama (3:2), menasihati orang yang suka mencari-cari masalah dan mengajarkan ajaran sesat (3:9-11). dan menolong rekan sepelayanan (3:13-14).

Perkataan “pekerjaan yang baik” (3:1,8,14) yang dimaksud Rasul Paulus di sini berkaitan dengan dua hal, yaitu: Pertama, perkataan itu berkaitan dengan ketidakmampuan manusia berdosa untuk melakukan pekerjaan yang baik. Manusia berdosa sama sekali tidak memenuhi syarat untuk menerima kasih karunia Allah (3:3: bandingkan dengan Roma 3:12), tetapi kemurahan Allah dan kasih karunia-Nya membuat la mau menyela matkan manusia berdosa melalui karya Yesus Kristus, serta memberikan kelahiran kembali dan hidup baru melalui pekerjaan Roh Kudus (3:5-6; bandingkan dengan Efesus 2:1-10). Kedua, perkataan itu berkaitan dengan kondisi bahwa manusia yang telah menerima kasih karunia Allah akan dimampukan oleh Roh Kudus untuk melakukan pekerjaan yang baik dan berguna bagi banyak orang (3:8). Dengan demikian, pekerjaan baik orang Kristen bukanlah dilakukan agar memperoleh keselamatan atau agar memenuhi syarat untuk masuk surga atau agar mendapat keuntungan tertentu, melainkan merupakan buah pertumbuhan rohani berdasarkan pengetahuan yang benar tentang Allah (Kolose 1:10).

Itulah sebabnya, Rasul Paulus menyuruh Titus untuk mengingatkan meyakinkan, dan menguatkan jemaat di pulau Kreta agar senantiasa memercayai pemberitaan Injil yang sejati dan senantiasa bersandar pada Roh Kudus yang akan memampukan mereka untuk melakukan setiap pekerjaan baik dengan berlandaskan pada kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia. Kiranya setiap pekerjaan baik yang kita kerjakan menjadi bukti konkret peneropan firman Tuhan dalam kehidupan seorang Kristen yang sejati. [TC]




Renungan Seorang Murid GKY Sunter / 2020